POSMA MMTC 2013 : Bekali mahasiswa baru dengan orientasi dunia industri kreatif

Pekan orientasi mahasiswa (POSMA) bagi mahasiswa baru di kampus MMTC berlangsung mulai  2 September – 6 September 2013. Kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun ini, mempunyai tema yang berbeda pada tiap penyelenggaraannya.

Tahun ini, tema Posma  MMTC , adalah : KITA INDONESIA,  yang bertujuan agar  melalui Kegiatan Posma  akan semakin menguatkan  rasa kebangsaan dan  sebagai bagian dari pendidikan karakter  untuk menanamkan nilai-nillai yang baik seperti : agama, etika, budipekerti , kesopanan, kedisiplinan, kejujuran, kerukunan, toleransi dan kerjasama.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa baru juga mendapatkan pengayaan materi  tentang dunia kerja di industri kreatif , prospek karier serta skills apa saja yang dapat memberikan nilai tambah pada masing-masing individu. Pembekalan ini diberikan pada hari ke dua Selasa (3/9), pemateri dalam kegiatan ini yaitu, Rimbar Diorisma (Animator dan Direktur Studio Animasi “Kasatmata”), Dr. James Pardede (Tokoh Bakohumas Pusat)  dan Yudi Krisyanto (Head Of Production Services – RCTI).                               

Mahasiswa baru di STMM “MMTC” Yogyakarta, diharapkan  nantinya memiliki kesiapan  dan mampu mengisi produktifitas dengan karya-karya yang kreatif dan inovatif. Karenanya,  para narasumber  dalam paparannya  banyak berbagi pengalaman, pengetahuan  dan tips sukses di Industri kreatif.

Rimbar Diorisma menyampaikan, bahwa untuk menjadi animator tidak harus mengandalkan hardware yang mahal ataupun spesifikasi tertentu, tetapi justru diharapkan para mahasiswa mampu berkreasi dengan keterbatasan dan berani berkompetisi untuk meraih prestasi. Animator yang beberapa kali mendapatkan penghargaan ini juga mengajak mahasiswa  MMTC  untuk aktif mewarnai dunia animasi di Yogyakarta bahkan di Indonesia  melalui komunitas animasi. Karena dalam komunitas juga akan diperoleh ilmu-ilmu baru yang lebih merangsang kreativitas.

Sedangkan, Dr. James Pardede, dalam uraiannya juga menyampaikan, bahwa industri kreatif  itu menuntut tanggung jawab dari setiap individu, agar tetap mampu menjaga citra dirinya maupun lembaga utamanya bagi mahasiswa Prodi  Manajemen Informasi Komunikasi yang nanti akan mengisi formasi di bidang –bidang kehumasan.

Head of Production Services - RCTI (Rajawali Citra Televisi Indonesia), Yudi Krisyanto memberikan paparan bahwa industri televisi saat ini masih cukup menjanjikan  sebagai  pasar kerja bagi  lulusan MMTC  yang tertarik berkarier di Broadcsating.  Bahkan RCTI bukan satu-satunya stasiun televisi yang dimiliki oleh PT Media Nusantara Citra (PT. MNC tbk.)  Ada beberapa stasiun televisi lain yang masuk dalam group media terbesar di Indonesia ini, diantaranya MNC TV, Global TV, Sindo TV  selain itu TV berbayar seperti Indovision, MNC Sport, Skyvision  dan lain-lain yang menjadi anak perusahaan PT. MNC  tbk. Sebagai station televisi yang telah menjalin kerjasama dengan STMM “MMTC” Yogyakarta,  RCTI memberikan apresiasi yang luar biasa bagi lulusan STMM “MMTC” yang telah bekerja di RCTI dan MNC Group  karena kinerja dan skill yang mumpuni . Sebagai Head of  Production Sevices di RCTI, Yudi Krisyanto menegagskan, bahwa bekerja di meda televisi bukan sekedar, intelektual, skill dan pengalaman, tetapi juga dibutuhkan perilaku  dan kerjasama yang  baik agar dapat menghasilkan karya yang maksimal.  Dalam presentasinya, Yudi Krisyanto yang membawa serta tim produksi X-Factor  yang juga menampilkan langkah-langkah produksi  program X-Factor dan Indonesia Idol.  Program acara dengan rating tinggi ini merupakan bukti sukses  dari teamwork RCTI yang solid dan tangguh. (L.Ag)