STMM “MMTC”  Berbagi Ilmu di Panti Asuhan Al Fur’qon, Moyudan, Sleman

By : Lila Agandini (*)

 

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat dinanti oleh seluruh umat Islam didunia, tidak terkecuali kaum muslim di Indonesia. Demikian juga dengan STMM “MMTC” Yogyakarta yang tidak ingin ketinggalan dalam menyemarakan bulan yang penuh berkah ini. Nampaknya suasana berpuasa bukan menjadi halangan untuk kehilangan semangat positif yakni untuk tetap beraktivitas, berbagi dan bersilaturahmi.

   Kamis (10/7-2014), di Ramadhan 1435H. STMM  “MMTC” menggelar kegiatan  pengabdian masyarakat di Panti Asuhan Al Fur’qon, Moyudan, Sleman. Kegiatan yang diilaksanakan adalah kegiatan sosial berupa  berbagi ilmu dan keterampilan melalui Workshop Presenter TV. Dalam sambutannya, Drajat Topo Yuwono,  Kepala Seksi Humas MMTC menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah wujud kepedulian STMM “MMTC”  sebagai institusi pendidikan dibawah  Kementerian Kominfo untuk memberikan bekal ilmu dan keterampilan kepada para remaja penghuni panti asuhan tersebut agar mampu berperan lebih baik dalam kegiatan-kegiatan kemasyarakatan.    

Workshop tesebut juga digunakan STMM “MMTC” Yogyakarta untuk melakukan sosialisasi tentang program –program pendidikan MMTC  dan mengedukasi para remaja penghuni panti tentang dunia kerja bidang broadcasting dan industri kreatif  lainnya yang cukup menjanjikan prospek karirnya.    

   Dalam workshop Presenter TV tersebut, pemateri yang dihadirkan adalah salah satu alumni Diploma IV , Prodi Manajemen Produksi Pemberitaan STMM “MMTC” Yogyakarta, yaitu  Andhita Reharisky. Saat ini, Andhita berprofesi sebagai  Presenter dan News Anchor di TVRI Yogya, selain itu Andhita adalah announcer di salah satu radio swasta di Jogja dan kerap diminta memberikan pelatihan Public Speaking  di SMA dan SMK Yogyakarta.  Prestasi  lain dari gadis yang padat aktivitas ini diantaranya adalah Diajeng Persahabatan Jogja 2013 – 2015.   

Andhita juga merasa bahagia dapat berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan 25 orang remaja penghuni Panti Asuhan Al Fur’qon yang menurutnya memiliki bakat-bakat yang luar biasa.

     Kegiatan yang mengambil tempat di masjid PA Al Fur’qon dimulai pukul 13.00  sampai dengan 17.30 WIB berjalan dengan suasana menyenangkan dan berlangsung lancar. Peserta workshop yang terdiri dari pelajar SMP dan SMK di Yayasan Pendidikan Al Fur’qon sangat antusias mengikuti. Selain karena materi yang diberikan cukup menarik, metode pembelajaran yang digunakan sangat dinamis dan interaktif.  Semua peserta mendapat kesempatan  untuk melakukan simulasi sebagai presenter TV.  Workshop tersebut diakhiri dengan kegiatan buka bersama seluruh penghuni panti.

   Pengurus Panti Asuhan Al Fur’qon, Milatul Hidayah menyampaikan penghargaan pada kegiatan ini, karena keterampilan yang diperoleh dari workshop Presenter TV  telah menjadikan para remaja penghuni panti lebih percaya diri. Dengan bekal yang diperoleh setelah mengikuti workshop disertai ketekunan berlatih, diharapkan para remaja tersebut semakin terasah bakatnya. Diharapkan para remaja penghuni pantia nantinya akan memiliki sikap yang positif  serta pandai bertutur kata sehingga mampu menjadi pembawa acara yang baik.  (L.Ag-2014)

 

 

(*) Penulis adalah Public Relations di STMM “MMTC” Yogyakarta