STMM “MMTC”  Embrio Pengembangan Industri Konten Berbasis Budaya

YOGYAKARTA – SekolahTinggi Multi Media “MMTC”  sebagai perguruan tinggi berbasis multimedia memiliki asset dan  potensi menjadi kekuatan baru (super power). Tidak hanya di bidang ekonomi kreatif dan digital, tetapi juga menjadi embrio pengembangan perguruan tinggi serupa yang bergerak dalam bidang industri konten berbasis budaya.

“STMM  “MMTC”  berada di tempat yang pas (Yogyakarta - red). Budaya Yogyakarta menjadi suatu laboratorium dan potensi yang luar biasa untuk konten-konten berbasis budaya. Harapannya menjadi ciri khas STMM “MMTC”  melalui pengembangan budaya lewat industri konten,” demikian dikatakan Ka.Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo RI sekaligus anggota Dewan Penyantun STMM “MMTC” ,  Dr. Ir. Basuki Yusuf Iskandar MA. dalam Rapat Perdana Dewan Penyantun, Selasa, (4/4-2017) di STMM Yogyakarta.

Rapat dipimpin Plt.Ketua  STMM “MMTC” , Prof  Dr. Gati Gayatri, MA. dan dihadiri jajaran manajemen  dan  pejabat akademik  STMM “MMTC”   Yogyakarta.  Dewan Penyantun  STMM dibentuk tahun 2016 yang terdiri dari, Sri Sultan Hamengkubuwono X (Ketua), Prof.  Dr.  Haryono Suyono MA. PhD. (Wakil Ketua). Adapun anggota terdiri dari Prof.Ir. Wiendu Nuryanti M. Arch.Ph.D. ;  Dr. Ishadi SK M.Sc. ; Garin Nugroho dan Dr.Ir. Basuki Yusuf Iskandar, MA.

“Saat ini banyak negara bertumpu pada gelombang start-up (ekonomi independen). STMM mampu mewarnai gelombang baru ini melalui penciptaan lapangan kerja,” ujar Prof Ir.WienduNuryanti  M. Arch. Ph.D.

Hal tersebut tambahnya, dapat dicapai melalui pengembangan kurikulum berbasis entrepreneurship sesuai dengan Road Map STMM “MMTC”  Yogyakarta menuju perguruan tinggi berbasis industri.

Sementara itu Sri Sultan Hamengkubuwono X berharap supaya STMM “MMTC”  meningkatkan citra dengan branding baru sehingga bisa memanfaatkan potensi yang ada menjadi kekuatan baru secara lebih riil. Misalnya melalui sinergi dengan lembaga penyiaran atau industri multimedia lain dalam kerjasama konten siaran.

Dr. Ishadi SK .MSc. menambahkan bahwa potensi  STMM “MMTC”  yang besar untuk berkembang harus didukung melalui sinergi antara institusi, individu, dan alumni. Jaringan alumni STMM “MMTC”  yang tersebar luas di industri media diharapkan menjadi agen untuk memperkenalkan STMM “MMTC’  secara lebih luas. (YP.- 2017)