SEMINAR KEWIRAUSAHAAN “KNOWING MORE ABOUT JOURNALISTIC”


Kamis (25/5-2017) Bagian Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) Kewirausahaan STMM bekerjasama dengan Kedaulatan Rakyat (KR) Yogyakarta, mengadakan acara seminar jurnalistik dengan tema “Peluang Usaha dari Kemampuan Jurnalistik”. Seminar yang mengambil tempat di Joint Lecture Room STMM “MMTC” adalah  Program Bulanan PSDM Kewirausahaan STMM yakni Pengembangan Wawasan Kewirausahaan.  Kegiatan ini dimulai pada pukul 16:00 sampai 18:00 WIB dan dihadiri 67 peserta.

Narasumber seminar Agung Purwondono, selaku pimpinan KR Academy  adalah wartawan kawakan. Pria kelahiran Cilacap ini telah menjadi wartawan sejak tahun 2002. Pada tahun 2004 beliau sudah bergabung dengan KR dan pada tahun 2016, beliau diangkat sebagai pimpinan redaksi KRjogja.com.

Dalam presentasinya di sesi pertama, mas Agung membahas tentang peluang usaha dari kemampuan jurnalistik, beliau menyampaikan tentang bagaimana proses menulis, perbedaan dari mengarang dan menulis, sifat tulisan, ragam tulisan, reportase, dan kemampuan dasar menulis reportase. Peserta juga diminta untuk menuliskan sebuah cerita selama 5 menit bertemakan senang, sedih, horror dan juga lucu. Lalu beliau juga meminta kepada peserta agar membacakan karyanya.

 Di sesi kedua, mas Agung membawakan materi baru tentang teknik pengumpulan data dari fakta yang berisi wawancara, observasi atau pengamatan, dan riset dokumentasi. Selanjutnya diisi materi tentang ragam peristiwa. Beliau juga berbagi tentang profesi di jasa penulisan. Baik biografi, buku ajar maupun makalah dan masih banyak lagi hal yang berhubungan dengan menulis dan jurnalistik yang dapat menghasilkan pundi pundi uang.

Peserta seminar mengikuti seminar dengan antusias, hal ini nampak dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pada saat dibuka sesi tanya jawab. Namun karena keterbatasan waktu, tidak semua berkesempatan mengajukan pertanyaan. Dengan adanya seminar ini diharapkan dapat membuka wawasan mahasiswa tentang dunia jurnalistik dan mahasiswa  lebih focus pada tujuan karirnya setelah lulus dari Perguruan Tinggi.