Kenalkan Branding kepada Tenaga Pendidik, Dosen Prodi Manajemen Produksi Berita Gelar Pelatihan



Yogyakarta (18/6). Membangun branding sekolah menjadi hal penting di era saat ini.  Memaksimalkan branding dan manajemen pemasaran menggunakan video menjadi salah satu yang dapat dilakukan. Sebagai upaya untuk mengenalkan branding dan pemasaran kepada tenaga pendidik khususnya sekolah, Program Studi Manajemen Produksi Berita menggelar pelatihan video kreatif bagi guru dan pengelola sekolah yang tergabung di Yayasan Pendidikan Islam Abu Bakar. Pelatihan ini sebagai bagian dari pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen Sekolah Tinggi Multi Media kepada masyarakat. 

Pelatihan dilaksanakan pada hari Jumat hingga Sabtu, tanggal 10 - 11 Juni 2022 dan diikuti oleh guru TK, SD, SMP, dan SMA di Yayasan Pendidikan Islam Abu Bakar Yogyakarta. Sejumlah materi yang disampaikan antara lain branding dan manajemen pemasaran, pengetahuan dan keterampilan tentang videografi, dasar dan SOP Produksi. Selain itu juga materi tentang perencanaan produksi, kreativitas dalam produksi video, UU ITE, dan yang terakhir pengetahuan dan keterampilan tentang teknik editing. 

Pelatihan dibuka oleh Ketua Badan Pengurus Harian Yayasan Pendidikan Islam Abu Bakar, Warsono, S.Ag., MSI dan dilanjutkan oleh Pembantu Ketua I Bidang Akademik Sekolah Tinggi Multi Media, Dr. Sudono, M.Si.

Antusiasme peserta cukup tinggi karena banyak teori ilmu baru yang diperoleh terutama berkaitan branding, manajemen pemasaran, teknik videografi dan editing. Pelatihan tidak hanya teori namun peserta diberikan waktu untuk mempraktikkan pembuatan video kreatif. Proses pembuatan videografi dilakukan dengan menggunakan smartphone untuk proses shooting dan editing menggunakan aplikasi VN Video Editor. Hasil karya peserta kemudian diunggah di sosial media. 
 
Peserta pelatihan bersama dosen Prodi Manajemen Produksi Berita (dok. Siti sarifah)

Meski pelatihan hanya dilaksanakan 2 hari, namun diharapkan ada kegiatan yang berkelanjutan sehingga semakin meningkatkan pengetahuan dan kemampuan Guru di di Yayasan Pendidikan Islam Abu Bakar Yogyakarta. (penulis: Zaky/Editor: Ayudy)