Benchmarking Zona Integritas, TIM STMM Yogyakarta Kunjungi POLTEKESOS dan Politeknik STIA LAN Bandung


Dalam rangka penguatan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik,  Tim Zona Integritas Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta berkunjung ke kota Bandung  untuk  melakukan studi banding ke Politeknik Kesejahteraan Sosial (PoltekesSos) Bandung (22/6/2022)  dan hari berikutnya ke Politeknik STIA LAN Bandung (23/6/2022) .

Di Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung yang berlokasi di Jalan Ir. H. Juanda, rombongan STMM yang dipimpin oleh Dra. Nunuk Parwati, MM.  selaku Ketua Tim Pembangunan ZI Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) Yogyakarta. Ketika memasuki area kampus Poltekesos, tim STMM merasa terkesan dengan sambutan dan sapa yang ramah dan sopan dari para pegawai bahkan para satpam di kampus ini. Selanjutnya, Tim STMM diterima oleh Kepala Bagian Umum dan Kerjasama Dra. Evi Nurhayati, M.Si.  bersama jajaran pejabat dan staf  PoltekesSos Bandung.

Mengawali sesi diskusi, Nunuk Parwati juga mengapresiasi atas etos kerja dan keramahan ASN di Poltekesos dan menyampaikan tujuan  Tim ZI STMM “ngangsu kawruh” tentang proses persiapan dan keberhasilan Poltekesos Bandung  yang telah berhasil meraih Predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) di tahun 2018.

Evi Nurhayati dalam paparannya menjelaskan tahapan-tahapan Poltekesos dalam proses persiapan hingga keberhasilan Poltekesos meraih Predikat WBK, “Predikat WBK yang kami peroleh ini melalui proses yang cukup panjang, baik saat persiapan hingga masuk dalam tahap penilaian. Dan, ini perlu kerja keras, dukungan serta soliditas seluruh unsur pegawai di kampus ini untuk mencapai target kami. Setiap kegiatan resmi kelembagaan harus ada dokumen notulensi, foto-foto  kegiatan sebagai data dukung untuk laporan kegiatan. Dan, aspek terpenting adalah keteladanan juga komitmen seorang pimpinan. Untuk mendukung upaya kita ini,  pimpinan harus selalu “ada”  dan bersama-sama kita semua ”. Evi Nurhayati menandaskan.

Pada kesempatan tersebut tim dari STMM juga diajak menyaksikan tayangan Video Clip Mars “Zona Integritas Poltkesos”  karya salah satu pegawai PoltekesSos. Video yang sangat menarik itu didukung oleh para penyanyi dan “talent ” yang terdiri dari  mahasiswa dan ASN di lingkungan PoltekesSos Bandung.



Tim ZI STMM bersama para ASN di Politeknik STIA LAN Bandung


Pada hari ke dua di Bandung, Tim ZI STMM berkunjung ke Politeknik STIA LAN dan diterima secara resmi oleh Wakil Direktur II Dr. Ir. Ely Sufianti, MA. Beserta  jajarannya di Aula Politeknik STIA LAN Jl. Hayamwuruk, Citarum, Bandung. Politeknik STIA LAN Bandung adalah salah satu Perguruan Tinggi di bawah Lembaga Administrasi Negara (LAN), selain di Bandung Politeknik STIA LAN juga didirikan di Makassar dan  Jakarta.

Saat ini, Politeknik STIA LAN Bandung sedang memasuki tahapan penilaian Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK). Dalam sesi diskusi, Tim TI Politeknik STIA LAN Bandung  menyampaikan upayanya dalam meraih predikat WBK, diantaranya dengan meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa dengan menggunakan SIAKAD (Siastem Informasi Akademik) yang juga dapat di akses oleh orang tua mahasiswa. Selain itu, Politeknik STIA LAN juga sedang memperbarui sistem  pembayaran biaya perkuliahan dengan menggunakan tata cara pembayaran SIMPONI (Sistem Informasi PNBP On Line), seperti yang saat ini juga digunakan oleh Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) Yogyakarta.

Dalam kesempatan tersebut, juga menjadi catatan bagi Tim STMM bahwa peningkatan pelayanan bagi masyarakat menjadi prioritas utama, karenanya selalu dibutuhkan inovasi yang berbasis teknologi secara berkelanjutan untuk memangkas birokrasi dan  mempermudah prosedur layanan pada setiap Bidang, Bagian, Sub bagian dan Unit kerja di Sekolah Tinggi Multi Media. (L.Ag- / 6-2022)