Digitalisasi UMKM Di Desa Kebumen Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah



Program Studi Teknologi Permainan Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Yogyakarta pada Tanggal  29 Agustus sampai dengan 2 September 2022 menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Masyarakat “Digitalisasi UMKM di Desa Kebumen, Kec. Banyubiru, Kabupaten Semarang. Kegiatan ini merupakan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Dalam pelaksanaan kegiatan Digitalisasi UMKM diikuti oleh 20 orang peserta yang terbagi dalam 3 (tiga) kelompok antara lain kelompok Pengelolaan Website/platform digital, penulisan konten kreatif, kelompok desain grafis, fotografi & videografi serta kelompok pengelolaan bisnis (Google My Business) yang didampingi oleh para tenaga pengajar program studi teknologi permainan yang terdiri dari RB Hendri Kuswantoro, S.Kom. M.Kom, Sigit Winarso, S.Kom,  M.Cs, Drs. Wilhelmus Filianto, M.Sn, R.M Joko Priono, S.PT, M.Sn dan Adi Sucipto, ST, MT. dan dibantu mahasiswa.
Latar belakang peserta terdiri dari para pelaku konten kreatif, pengusaha kecil rumahan seperti usaha makanan ringan, pelaku konten kreatif (Youtuber, Admin Facebook) dan beberapa dari anggota karang taruna yang akan  merintis usaha pengelolaan ekosistem digital bagi UMKM dan masyarakat di Desa Kebumen Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Program pelatihan PKM antara lain meliputi: (1) Mengoptimalkan keberadaan website / plattform digital / produksi konten kreatif (2) Menyusun model grafis website, fotografi, videografi Kelurahan (3) Merencanakan serta memproduksi promosi produk, konten /penulisan kreatif / berita untuk website Kelurahan (4) mengelola Google My Business. Berdasarkan pelatihan / pendampingan dalam kegiatan PKM telah dapat mengoptimalkan ekosistem digital bagi UMKM & masyarakat pada umumnya.

Pada acara penutupan  pelatihan kegiatan pengabdian masyarakat, Bapak Anwar Sanusi selaku Kepala Desa Kebumen mengucapkan terima kasih kepada Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” khususnya Tim Dosen Prodi Teknologi Permainan karena kegiatan pendampingan semakin dirasakan kemanfaaatannya oleh para peserta, khususnya pelaku  UMKM, konten kreatif website / platform digital, anggota karang taruna serta aparat desa juga semakin bersemangat dalam melayani masyarakat serta memproduksi konten kreatif, dan mengelola Google My Business. Melalui kegiatan Pelatihan Digitalisasi UMKM di Desa Kebumen diharapkan juga semakin meningkatkan ekosistem digital bagi para pelaku usaha dan masyarakat.