Press Release AJI (Aliansi Jurnalis Independen)
Society of Indonesian Environmental Journalists (SIEJ) dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta pada 19 - 25 April 2010 akan menyenggarakan serangkaian kegiatan Peringatan Hari Bumi di Pusat Studi Jepang, Universitas Indonesia, di Depok. Peringatan ini berdasarkan pada isu-isu lingkungan yang sudah menjadi isu sentral dan penting bagi publik di Indonesia. Sudah saatnya, para pemangku kepentingan di media massa menyadari pentingnya peran strategis mereka dalam kampanye lingkungan, sehingga terwujud keadilan
informasi yang berasaskan kelestarian sumber daya alam.

Sederet masalah lingkungan yang tengah hangat diperbincangkan seperti konflik tanah masyarakat adat, hilangnya hak atas kekayaan intelektual masyarakat lokal, perambahan hutan atau alih fungsi lahan, kerusakan ekosistem laut, kasus lumpur lapindo, privatisasi air, perubahan iklim dan penambangan liar, akan memiliki dimensi baru bagi publik dalam mengambil peran aktif sebagai pemangku kepentingan utama yang menjadi korban.

Keterlibatan publik yang lebih strategis sangat diperlukan dan hanya bisa didorong oleh media yang berperan menggulirkan isu kesadaran lingkungan. Maka itu Peringatan Hari Bumi 2010 sangatlah penting dan bertujuan untuk :

1. Memetakan persoalan-persoalan lingkungan yang penting dalam jangka panjang, dalam konteks penguatan peran media dan partisipasi strategis publik.

2. Meningkatkan pengetahuan jurnalis tentang lingkungan dan
keterampilannya meliput persoalan lingkungan

3. Menyediakan forum terbuka dimana kepentingan publik, korporasi dan konservasi bisa berdialog untuk menyamakan persepsinya mengenai beragam isu lingkungan.

Adapun rangkaian acaranya antara lain: pertemuan nasional SIEJ, training jurnalisme lingkungan, pameran dan seminar. Acara Hari Bumi 2010 ini terbuka bagi publik, antara lain: seminar, workshop, diskusi, talkshow, pameran dan pertunjukan musik yang akan berlangsung pada 24-25 April 2010. Acara ini melibatkan perusahaan yang memiliki program lingkungan dan CSR, media massa serta lembaga swadaya masyarakat.

Acara Hari Bumi 2010 ini tidak akan sukses tanpa partisipasi aktif publik
secara luas dan media massa. Maka kami membuka kesempatan bermitra kepada perusahaan, lembaga swadaya masyarakat serta media massa untuk menjadi media partner, sekaligus menjadi peserta pameran hari bumi yang bertujuan memberikan ajang penyebaran informasi dari perusahaan-perusahaan yang peduli dengan lingkungan, media-media yang mewartakan isu lingkungan serta organisasi non-pemerintah atau lembaga swadaya masyarakat yang
mengkampanyekan isu-isu lingkungan dan melakukan penyadaran ke publik tentang pentingnya kesadaran menjaga lingkungan untuk masa depan bersama.


Bagi yang berminat silakan menghubungi :

Aliansi Jurnalis Independen (AJI)
Jakarta. Telp/Fax. 021-83702660 (Yus Ardhiansyah & Farida Indriastuti) .
Email: ajijak@cbn.net. id