Dalam rangka mendukung suksesnya kegiatan Festival Fim Jogja – NETPAC Asian Film Festival yang diselenggarakan di Jogja mulai tgl 26 – 30 Desember 2010, STMM MMTC turut berpartisipasi sebagai salah satu kampus tempat pemutaran film-film peserta festival

 Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) adalah festival film yang memfokuskan diri pada perkembangan sinema Asia. Tahun ini merupakan tahun kelima penyelenggaraan JAFF di Jogjakarta. Selama lima tahun penyelenggaraannya, JAFF bekerjasama dengan NETPAC (Networking and Promoting For Asian Cinema), sebuah lembaga film yang dibentuk oleh pelaku-pelaku film dari berbagai negara di Asia dan berpusat di Srilanka.

Film-film yang disajikan dalam penyelenggaraan JAFF dikuratori oleh Philip Cheah (Singapore International Film Festival), salah satu tokoh besar dalam perkembangan sinema di Asia. Setiap tahun, JAFF juga selalu memberikan penghargaan kepada film-film terbaik di Asia ("Men at Work" – Mani Haghighi-Iran, “Crossing The Dust” – Shawkat Amin Korki-Kurdistan pada tahun 2007 dan “Kantata Takwa” – Gotot Prakosa&Eros Djarot-Indonesia) dan tokoh-tokoh film nasional (Dedy Mizwar, Jajang C. Noer, Hanung Bramantyo, Melly Goeslaw, Nirina Zubir, dll).

ogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) 2010 menghadirkan 38 film, baik film panjang maupun film pendek dari berbagai negara di Asia yang terbagi dalam program Asian Feature, Light of Asia dan Special Screening.

 Pemutaran film pada program Asian Feature dan Light of Asia bersifat gratis. Sedangkan untuk program Special Screening membayar tiket tanda masuk seharga Rp. 5.000,-.

Selain di Taman Budaya Yogyakarta (TBY), dan Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta , Pemutaran film JAFF 2010 juga diselenggarakan di beberapa lokasi, yaitu Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Seni Indonesia (ISI), Yogakarta, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, AMIKOM, dan Pondok Pesantren Al-Iman. Jadwal pemutaran film dapat dilihat di http://jaff-filmfest.com/jadwal-acara/

 

(L.Ag – 12/ 2010)