MMTC Yogyakarta akan menyelenggarakan pelatihan tingkat internasional dengan tajuk  “The Third Country Training Program (TCTP) on TV Documentary Program Production”. Disebut sebagai pelatihan internasional karena pelatihan ini akan diikuti 9 broadcaster luar negeri yang datang dari negara-negara Asia yaitu dari Kamboja, Bhutan, Timor Leste, Myanmar dan 2 orang dari Indonesia yaitu dari TVRI Jabar dan Stasiun TV Lokal Bali TV.

Menurut Ketua Sekolah Tinggi Multi Media-STMM MMTC DR. GATI GAYATRI. MA sebagai Ketua Pelaksana Pelatihan bahwa pelatihan ini diselenggarakan atas kerjasama Japan International Cooperation Agency (JICA) dengan Sekretariat Negara dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Pembukaan pelatihan dilakukan pada Senin (4/7/2011) oleh Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika Bp. Aizirman Djusan, MSc..Econ. Hadir dalam acara tersebut Ms. Suzuki IZUMI  mewakili  JICA - Indonesia dan Ibu Arika Kiswardani   dari Sekretariat  Negara.  Pelatihan tersebut  akan berlangsung sampai dengan 30 Juli 2011 dengan mengambil tempat di Kampus MMTC Yogyakarta.

Pelatihan kali ini akan mengambil tema “Yogyakarta Culture” . Dimana para peserta akan   mendokumentasikan kegiatan-kegiatan pelestarian dan penguatan kebudayaan di wilayah sekitar Yogyakarta yang sangat unik. Dokumentasi tersebut  akan dikemas dalam tiga paket TV dokumenter yang informative dan menarik.  Dalam agenda kegiatan pelatihan,  peserta juga akan memperoleh kesempatan study visit ke Bali  untuk mengunjungi Televisi milik pemerintah TVRI Denpasar dan  salah satu TV lokal yaitu   Bali Naradha TV. Kegiatan study visit ini dimaksudkan  untuk mempelajari program acara televisi di bidang kebudayaan . Sealin itu juga untuk memperkenalkan berbagai budaya Indonesia kepada  masyarakat  internasional.

Penunjukkan MMTC sebagai pelaksana pelatihan internasional di bidang TV Dokumenter ini cukup membanggakan karena MMTC dipandang layak dan diakui reputasinya di tingkat internasional.  (LA)