MMTC selenggarakan Ujian Pengadaan Barang / Jasa Pemerintah  (PBJ) Berbasis Komputer

 

 Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah  atau LKPP mengapresiasi keberadaan       Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” – Yogyakarta dengan  memberikan akreditasi “A”  sebagai Lembaga Penyelenggara Pelatihan Pengadaan Barang & Jasa Pemerintah (LPP PBJ).  Akreditasi “A”  dipandang layak diberikan kepada STMM “MMTC” karena MMTC telah cukup baik mengelola dan berpengalaman dalam penyelenggaraan pelatihan dan ujian sertifikasi PBJ Pemerintah.

Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC”  - Yogyakarta  yang dikenal sebagai Perguruan Tinggi Diploma IV Penyiaran dan Multimedia sejak tahun 2006 telah bekerjasama dengan LKPP untuk menjadi Instansi penyelenggara  Pelatihan dan Ujian Pengadaan barang dan Jasa Pemerintah. Bahkan untuk tahun ini STMM “MMTC” dipercaya sebagai penyelenggara ujian PBJ di daerah dengan  berbasis komputer (Computer Base Test).  Kegiatan ujian PBJ dengan basis komputer ini sebelumnya hanya bisa dilakukan di Laboratorium LKPP di Jakarta . Dengan melakukan pendaftaran secara online melalui website LKPP, calon peserta bisa mengikuti ujian PBJ di lokasi yang dikehendaki antara lain di Universitas Airlangga, Politeknik Negeri Banjarmasin , Telkom PDC – Bandung  ataupun di Kampus MMTC , Jl. Magelang Km. 6 – Yogyakarta.  Dalam pelaksanaannya , peserta Ujian  PBJ berbasis komputer  ini  tidak dipungut biaya.

Ujian PBJ berbasis komputer  pertama kali telah  dilakukan di MMTC  pada tanggal 12 November 2011 dengan jumlah peserta  terdaftar 70 orang yang terbagi dalam 2 sessi . Ujian sessi 1 dilaksanakan pada pukul 09.00 – 11.30 WIB  dan sessi ke – 2 pada pukul 13.30 – 16.00 WIB. Syarat peserta antara lain : telah mengikuti Pelatihan PBJ minimal 30 JP atau telah berpengalam dibidang Pengelolaan PBJ minimal 2 tahun.  Hasil ujian sertifikasi PBJ berbasis komputer yang dilaksanakan di MMTC kemarin   dinilai terbaik karena prosentasi kelulusannya mencapai 50 persen dari jumlah peserta ujian. (L.Ag- 2011)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Studium Generalle  bagi Mahasiswa Swadana tentang “Profesionalitas Broadcaster”   

Mahasiswa STMM “MMTC” Jurusan Penyiaran Progra Swadana, Jumat (11/11) mendapatkan kuliah umum dengan tema “ Profesionalitas Broadcsater “. Narasumber kegiatan ini adalah Pakar Komunikasi, Dr. Ana Nadya Abrar , MA . (Dosen Isipol – UGM) serta Bp. Gani Kartiwa Adiwisastra ( Manager HR & General Affairs Metro TV).

Kuliah Umum tersebut dimaksudkan untuk memberikan pencerahan bagi mahasiswa agar natinya  mampu menjalankan tugasnya sebagai broadcaster secara profesional dengan tetap mengindahkan etika profesi dan nilai-nilai moral dalam bidang tugasnya.

Dalam kesempatan itu, Dr. Ana nadya Abrar memaparkan perkembangan dunia jurnalistik sekarang ini yang sering kali kebablasan , hanya mengikuti kehendak dari industri penyiaran. Karenanya, setiap tayangan sebaiknya lebih melihat pada dampak siaran tersebut pada masyarakat. Untuk itu, sebagai calon broadcaster, para mahasiswa STMM “MMTC’ dituntut jeli untuk menerapkan kaidah-kaidah penyiaran yang layak siar namun  tidak mengabaikan bobot ataupun nilai beritanya.

Mahasiswa juga mendapatkan motivasi yang luar biasa pada saat menyimak paparan dari Bp. Gani Kartiwa Adiwisastra . Sebagai praktisi media penyiaran di Metro TV  dan  users  dari lulusan STMM “MMTC”,  Bapak  Gani menyampaikan, bahwa profesi broadcaster adalah profesi yang sangat menjanjikan. Bukan hanya penghargaan secara materiil tetapi profesi broadcaster  ini juga memberikan kepuasan bagi para pelakunya bila khalayak dapat mengambil manfaat dari hasil siarannya. Ditambahkan pula oleh Bp. Gani ,  “..…karena profesi ini sangat membutuhkan totalitas,  maka harus ditekuni dengan serius agar mendapatkan hasil yang maksimal. Oleh sebab itu, dari awal sebaiknya para mahasiswa sudah mulai fokus pada bidang tugas broadcaster yang akan ditekuni nantinya, sebagai camera person, editor , presenter  dan sebagainya. Para mahasiswa diharapkan juga berani memanfaatkan setiap  peluang yang ada untuk menghasilkan karya-karya yang bernilai tinggi. Bahkan mahasiswa juga diajak untuk berani mengambil risikodari setiap pekerjaan yang dijalaninya...” .   

Sessi diskusi dalam studium generalle ini berlangsung sangat hangat. Mahasiswa STMM “MMTC” memanfaatkan  sessi ini untuk menggali lebih banyak informasi tentang perkembangan dunia penyiaran saat ini,  juga tentang prospek dari profesi broadcaster di industri penyiaran di Indonesia.    Bapak Gani juga  menyampaikan , bahwa  dalam waktu dekat Metro TV  akan merancang kerjasama yang lebih  kongkrit  dengan STMM “MMTC”, agar  nantinya lebih mudah menjaring lulusan-lulusan terbaik STMM “MMTC “  .  (L.Ag – 2011)

 

 

 

 

 

MMTC hadir di Surabaya International Training and Education Expo

 

Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Yogyakarta pada tanggal 17 – 19 November 2011 akan hadir di Surabaya sebagai salah satu peserta pameran (expo) di bidang pendidikan yang bertajuk “Surabaya International Training & Education Expo”. 

Keikutsertaan STMM “MMTC” dalam event ini  bertujuan  untuk  memperkenalkan pada masyarakat Surabaya dan sekitarnya tentang program-program pendidikan broadcasting / penyiaran yang diselenggarakan. Selain itu juga untuk mengedukasi masyarakat tentang profesi broadcaster yang saat ini sedang booming.

Bagi para pelajar SMA/SMK yang bercita-cita menjadi Broadcaster  profesional dan ingin melanjutkan studi di Pendidikan Diploma IV Penyiaran / Broadcsating  , silahkan berkunjung ke Gramedia Expo , Jl. Basuki Rakhmad – Surabaya .  Dalam pameran ini anda akan mendapatkan  banyak informasi tentang dunia pendidikan penyiaran di Stand MMTC .  Pameran ini akan berlangsung mulai pukul 09.00 – 19.00 WIB. (L.Ag. – 2011)