Tingkatkan Pelayanan Publik, STMM Gunakan SITAMA Untuk Sistem Pembayaran Mahasiswa



Di tengah situasi pandemi Covid-19 Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) tetap berkomitmen untuk memberikan pelayanan optimal bagi mahasiswa. Salah satu upayanya adalah dengan penggunaan SITAMA (Sistem Informasi Tagihan Mahasiswa). Sistem ini disosialisasikan dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) tentang "Sosialisasi Pembayaran Biaya Pendidikan dan Pelaksanaan Perkuliahan Semester Genap" yang digelar pada Selasa (25/1-2022).

Kegiatan FGD dibuka dengan sambutan Ketua STMM yang diwakili oleh Pembantu Ketua 1 Bidang Akademik, Dr. Sudono. Dalam sambutannya, Sudono sangat bersyukur sistem ini dapat memberikan kemudahan bagi mahasiswa atau orang tua Mahasiswa dalam melakukan pembayaran  untuk keperluan Akademik di Sekolah Tinggi Multi Media, " Sudah menjadi tuntutan jaman, saat ini sistem transaksi pembayaran harus dipermudah aksesnya. Dapat dilakukan kapan saja, dimana saja asalkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dan tentunya aman dalam bertransaksi. Semoga SITAMA dapat dimanfaatkan dengan baik dalam mendukung proses Pembelajaran di STMM", kata Sudono.

SITAMA adalah tata cara pembayaran dengan penggunaan kode billing atau kode identifikasi atas suatu jenis pembayaran. Setiap mahasiswa akan mendapatkan kode billing dengan jumlah tertentu yang harus dibayarkan sebelum melewati tanggal kadaluarsa.
Presentasi tentang SITAMA disampaikan oleh Sub Koordinator Bagian Keuangan STMM, Noviandari Prabawati. Untuk STMM, SITAMA digunakan untuk gerbang pembayaran : Biaya Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) ; Biaya Sumbangan Pengembangan Akademik (SPA) ; Biaya Registrasi ; Biaya SPP Tetap ; Biaya SPP Variabel dan Biaya Wisuda. "Pembayaran dengan SITAMA, bisa dilakukan melalui berbagai fitur aplikasi Online Shop seperti Bukalapak, Tokopedia juga bisa melalui gerai toko modern berjaringan di sekitar kita, seperti Indomaret ataupun Alfamart.
SITAMA mempunyai banyak pilihan cara pembayaran, baik melalui teller, POS, ATM, Internet Banking, Mobile Banking, EDC dan Marketplace", tambah Noviandari dalam paparannya.

SITAMA juga berintegrasi dengan Sistem Informasi Akademik (SIA) Mahasiswa STMM. Setiap mahasiswa aktif STMM akan mendapatkan notifikasi yang berfungsi sebagai "reminder" tentang kewajiban akademik yang harus dilakukan, misalnya tentang Jadwal Registrasi, Jadwal Pengisian KRS dan  Jadwal Pembayaran Biaya Pendidikan.

Penggunaan SITAMA saat ini telah diberlakukan untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran pada Semester Genap yang akan dimulai pada 21 Februari 2022 mendatang.

Dalam forum ini, juga di informasikan bahwa pelaksanaan perkuliahan Semester Genap, akan dilakukan secara hybrid, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk menghindari terjadinya paparan Covid-19. Nantinya akan ada kajian lebih lanjut dan terus menerus tentang proses Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada tiap Jurusan dan Prodi di STMM, sesuai dengan tujuan pembelajaran di setiap mata kuliah. Untuk itu, diharapkan setiap mahasiswa dan orang tua mahasiswa aktif memantau pengumuman melalui SIA atau Website resmi STMM di www.mmtc.ac.id

Selain dihadiri para Pejabat Struktural Akademik dan jajaran staf STMM, FGD ini juga mengundang perwakilan orang tua mahasiswa yang berdomisili di Yogyakarta untuk hadir secara langsung di tempat acara. Panitia juga memfasilitasi para orang tua mahasiswa untuk mengikuti kegiatan ini melalui kanal Zoom maupun streaming YouTube.

Bagi mahasiswa dan orang tua mahasiswa yang membutuhkan tutorial penggunaan SITAMA, berikut links: https://www.mmtc.ac.id/index.php/menu/Menu/index/280/684 

(L.Ag - 01/2022)