Pemuda Desa Lopait Ikuti Pelatihan Branding DesaDigital


STMM – Program Studi Teknologi Permainan Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Yogyakarta pada Tanggal  18 Oktober sampai dengan 22 Oktober 2022 menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Masyarakat “Optimalisasi Pengelolaan Website Untuk Mendukung Branding Keberadaan Desa Digital di Desa Lopait, Kec. Tuntang, Kabupaten Semarang. Kegiatan ini merupakan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Dalam pelaksanaan kegiatan Digitalisasi UMKM diikuti oleh 20 orang peserta yang terbagi dalam 3 (tiga) kelompok antara lain kelompok Pengelolaan Website/platform digital, penulisan konten kreatif, kelompok desain grafis, fotografi & videografi serta kelompok pengelolaan bisnis (Google My Business) yang didampingi oleh para tenaga pengajar program studi teknologi permainan yang terdiri dari RB Hendri Kuswantoro, S.Kom. M.Kom, Sigit Winarso, S.Kom,  M.Cs, Drs. Wilhelmus Filianto, M.Sn, R.M Joko Priono, S.PT, M.Sn,  Adi Sucipto, ST, MT serta B. Darmawan dari unsur mahasiswa.
Latar belakang peserta terdiri dari para pelaku konten kreatif, pengusaha kecil rumahan seperti usaha makanan ringan, pelaku konten kreatif (Youtuber, Admin Facebook) dan beberapa dari anggota karang taruna yang akan  merintis usaha pengelolaan ekosistem digital bagi UMKM dan masyarakat di Desa Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Program pelatihan PKM antara lain meliputi: (1) Mengoptimalkan keberadaan website / plattform digital / produksi konten kreatif, (2) Upaya branding dengan mengoptimalkan keberadaan website diharapkan meningkatkan brand personality maupun brand kelembagaan website desa, hal ini bisa dilakukan dengan menempatkan diri/lembaga sebagai experts dan mulai mencoba menarik clients/masyarakat dengan berbagai konten dan portofolio yang akan publikasikan. (3) Menyusun model grafis website, fotografi, videografi Kelurahan (4) Merencanakan serta memproduksi promosi produk, konten /penulisan kreatif / berita untuk website Kelurahan (5) mengelola Google My Business. Berdasarkan pelatihan / pendampingan dalam kegiatan PKM telah dapat mengoptimalkan ekosistem digital bagi masyarakat pada umumnya.


Pada acara penutupan  pelatihan kegiatan pengabdian masyarakat, Bapak Budiyono selaku Kepala Desa Lopait mengucapkan terima kasih kepada Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” khususnya Tim Dosen Prodi Teknologi Permainan karena kegiatan pendampingan semakin dirasakan kemanfaaatannya oleh para peserta, khususnya pelaku  UMKM, konten kreatif website / platform digital, anggota karang taruna serta aparat desa juga semakin bersemangat dalam melayani masyarakat serta memproduksi konten kreatif, dan mengelola Google My Business. Melalui kegiatan Pelatihan Optimalisasi Pengelolaan Website Untuk Mendukung Branding Keberadaan Desa Digital di Desa Lopait maupun personality warga masyarakat yang harapannya juga semakin meningkatkan ekosistem digital bagi para pelaku usaha dan masyarakat disekitarnya.