Yogyakarta - Kejuaraan Marching Band yang memperebutkan trofi tertinggi 'Piala Raja Hamengku Buwono X Tahun 2022' kembali digelar di Yogyakarta pada 21-23 Oktober 2022. Salah satu event kompetisi marching band terbesar di Indonesia ini sempat terhenti penyelenggaraannya selama dua tahun karena pandemi Covid-19. Pada kejuaraan kali ini sejumlah 52 tim dari berbagai daerah di Indonesia ikut serta dalam gelaran tersebut, antara lain Banjarmasin, Nusa Tenggara Barat (NTB) Jember, Malang, Blitar, Surabaya, Sidoarjo, Jakarta, Tangerang, Bandung, Cirebon, Garut, Semarang, Surakarta, Purwodadi, Sukoharjo, Batang, Boyolali, Purworejo, dan kabupaten/kota yang terdapat di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). 

Dalam kejuaran Piala Raja ini, ada 3 nomor jenis lomba yaitu Drumline Battle, Street Parade, dan Display yang nantinya memperebutkan trofi Piala Raja Hamengku Buwono X Cup 2022. Lokasi penyelenggaraan di GOR Amongraga Yogyakarta untuk Drumline Battle pada Jum'at, 21 Oktober 2022. Sedangkan khusus Street Parade yang digelar pada Sabtu, 22 Oktober 2022 mulai pukul 13.30 WIB, diadakan di sepanjang jalanan Malioboro dengan rute awal dari DPRD DIY hingga Titik Nol Kilometer.
 
Patut mendapatkan apresiasi, pada kejuaraan ini adalah debut “Korps Digita” Marching Band STMM dalam gelaran lomba. UKM Marching Band STMM mampu bersaing dengan kelompok marching band lain dan meraih Juara III Color Guard Konser Klasemen Umum dan Juara III Konser Klasemen Umum. Prestasi ini menjadi semangat bagi seluruh mahasiswa anggota Marching Band STMM "Korps Digita" untuk berlatih lebih keras dan siap berkompetisi dalam lomba Marching Band di event-event mendatang. (L. Ag - 10/2022)