Gelar Karya Jurusan Penyiaran Tahun 2022 Hadirkan ZENCORP.id



Setiap tahun Jurusan Penyiaran STMM “MMTC” selalu menyelenggarakan kegiatan Praktek Simulasi. Kegiatan ini adalah program unggulan dari kurikulum Jurusan Penyiaran di kampus STMM “MMTC”.  Praktek simulasi adalah praktek yang menjadi ajang “Gelar Karya” dari semua mahasiswa semester 7 Jurusan Penyiaran.  Praktek  ini adalah  praktek terakhir  dari seluruh mata kuliah Praktek di Jurusan Penyiaran, dan dilaksanakan terintegrasi dari tiga program studi di Jurusan Penyiaran, yaitu Program Studi Manajemen Produksi Siaran (Manaprodsi), Program Studi Manajemen Produksi Pemberitaan (Manarita) dan Program Studi Manajemen Teknik Studio Produksi (Matekstosi).

Dalam pelaksanaannya, praktek simulasi mewajibkan mahasiwa membentuk team-work untuk mendirikan station radio dan station televisi ataupun platform lainnya. Selain itu mereka juga harus membentuk kerabat kerja secara lengkap seperti layaknya station penyiaran yang ada. Para mahasiswa juga harus melaksanakan tugas sesuai dengan tugas pokok sesuai profesi yang diembannya. Mereka juga harus menyusun program siaran yang dapat disajikan dan dapat dinikmati masyarakat luas, sesuai dengan visi dan misi dari station penyiaran tersebut.

Tahun 2022 praktek simulasi mahasiswa Jurusan Penyiaran pertama kali digelar secara offline. Mahasiswa Praktek Simulasi angkatan 18 kali ini dengan antusias menyajikan ZENCORP.id. Salah satu mahasiswa Jurusan Penyiaran, Christian Aldo yang menjabat sebagai CEO ZenCorp, menyampaikan bahwa ZEN merupakan singkatan dari Zeal, Empower, dan Nation, memiliki makna semangat dalam memperluas informasi dalam membangun bangsa. Dalam hal ini dimaksudkan bahwa ZenCorp bertujuan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi pasca pandemi.

Nama Zen dipilih dimaksudkan adalah semangat dan diharapkan ZenCorp dapat memberikan dampak positif melalui sajian program yang inspiratif, edukatif, serta inovatif kepada masyarakat.

ZenCorp hadir dalam multiplatform yaitu Radio, TV dan IT marcom; ZEN Radio digelar pada 17 dan 18 November 2022, dan ZEN TV pada 23/24 November 2022. Bagi yang ingin lebih kenal ZenCorp, dapat mengikuti ZenCORP.id. (L.Ag. 11/2022)