Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru STMM dilaksanakan di 3 Kota




Penerimaan Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi Multi Media Tahun Ajaran 2024/2025 (PMB STMM) telah berakhir pada tanggal 4 Juli 2024. PMB STMM dibuka untuk lulusan SMA/K sederajat, dengan 6 program studi yaitu Manajemen Informasi Komunikasi, Manajemen Produksi Berita, Manajemen Produksi Siaran, Manajemen Teknik Studio Produksi, Animasi, dan Teknologi Permainan.


Kegiatan PMB STMM dimulai pada 25 Maret 2024, dibagi menjadi 3 jalur seleksi yaitu Jalur Prestasi, Jalur Reguler, dan Jalur Seleksi CBT. Perbedaan dari ketiga jalur seleksi PMB STMM ini terletak pada sistem penilaiannya. Penilaian kelulusan pada Jalur Prestasi adalah berdasarkan nilai rapor, sertifikat prestasi dan portofolio karya. Sementara Jalur Reguler menggunakan skor Computer Based Test (CBT) dan wawancara. Dan yang terakhir, pada Jalur Seleksi CBT penilaian kelulusannya berdasarkan skor CBT. Meskipun menggunakan penilaian yang berbeda, ketiga jalur seleksi ini memiliki kesamaan yaitu terdapat penilaian tambahan berupa ujian manggambar khusus pendaftar Program Studi Animasi dan Teknologi Permainan.
 
Pendaftaran PMB STMM dilakukan secara online melalui website pmb.mmtc.ac.id. Pertama, pendaftar membuat akun dan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp250.000 sesuai Peraturan Pemerintah nomor 43 tahun 2023 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku di Kementerian Komunikasi dan Informatika. Selanjutnya peserta diminta mengunggah berkas yang dipersyaratkan untuk kemudian di verifikasi oleh Panitia PMB STMM. Setelah proses verifikasi untuk Jalur Prestasi bisa lanjut ke tahap penilaian, sementara untuk Jalur Reguler dan Seleksi CBT akan memperoleh jadwal untuk mengikuti ujian yang dilaksanakan secara onsite di lokasi yang ditentukan oleh panitia PMB STMM.

Pada Jalur Reguler, CBT dan wawancara dilaksanakan di kampus STMM Yogyakarta pada Hari Rabu tanggal 8 dan 22 Mei 2024. Sementara pada Jalur Seleksi CBT, tersedia 3 pilihan lokasi CBT yaitu Medan, Yogyakarta, dan Makassar. Tahun ini merupakan pertama kalinya seleksi PMB STMM dilaksanakan di lokasi selain kampus STMM Yogyakarta. Hal ini dapat terlaksana berkat adanya kolaborasi antara Panitia PMB STMM dengan Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan dan Makassar. CBT untuk lokasi tes Medan dan Makassar telah dilaksanakan pada Hari Sabtu tanggal 22 Juni 2024 di kantor BBPSDMP Kominfo Medan dan Makassar, dilanjutkan CBT untuk lokasi tes Yogyakarta pada Hari Selasa tanggal 25 Juni 2024 di kampus STMM Yogyakarta.
 
Dari ribuan peserta yang mendaftar, sebanyak 465 mahasiswa baru menyelesaikan proses registrasi ulang setelah dinyatakan lulus seleksi PMB STMM. Selanjutnya para Mahasiswa Baru STMM ini akan mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus untuk Mahasiswa Baru (PKKMB) pada tanggal 11-13 Juli 2024 di kampus STMM dan memulai perkuliahan Semester Ganjil Tahun Ajaran 2024/2025 pada hari Senin, 15 Juli 2024.
Selamat datang Mahasiswa Baru STMM Tahun Ajaran 2024/2025 di kampus STMM, The Real Broadcasting and Multimedia Campus. (DPR/TJ - 07/2024)