Hadirkan Fotografer Darwis Triadi, Ikatan Alumni STMM Bekerjasama dengan Universitas Budi Luhur Selenggarakan Seminar Series dan Short Feature & Photography Competition


Ikatan Alumni (IKA) STMM bekerjasama dengan Universitas Budi Luhur (UBL) menyelenggarakan Seminar Series dengan tema “Tren Industri Fotografi di Era Kecerdasan Buatan dan Pemerataan infrastruktur TV Digital” pada Selasa, 23 Juli 2024 bertempat di Auditorium Sekolah Tinggi Multi Media (STMM). Seminar ini menghadirkan narasumber fotografer senior Darwis Triadi dan Andi Zulkifli S.T., M.H. dari Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (DJPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dengan moderator Julaiha Probo Anggraini. S.Si., M.Kom.

Seminar diikuti 300 peserta mahasiswa dari 10 kampus di Yogyakarta, termasuk mahasiswa STMM dan Universitas Budi Luhur. Seminar dimulai dengan materi Pemerataan Infrastruktur Penyiaran TVD dan Potensi ke Depan yang disampaikan oleh Andi Zulkifli. Menjabat sebagai Analis Evaluasi Infrastruktur Penyiaran Level 3 DJPPI Kominfo, dalam paparannya menyampaikan masih tersedianya potensi-potensi di dunia penyiaran untuk diisi oleh kreativitas-kreativitas baru melalui Lembaga Penyiaran Publik maupun komunitas seperti TV kampus atau radio kampus.

Materi selanjutnya yang tidak kalah menarik yaitu Tren Industri Fotografi di Era Kecerdasan Buatan, yang disampaikan oleh Darwis Triadi. Dalam era digital yang semakin maju, seorang fotografer harus mempunyai karakter “Identitas” atau Spesialis, karena Kecerdasan Buatan (AI) hanya bagian dari proses lahirnya teknologi baru untuk mendukung dan mengeksplorasi industri fotografi.



Acara seminar diakhiri dengan pengumuman pemenang Short Feature & Photography Competition yang diikuti peserta mahasiswa berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Tim mahasiswa STMM meraih Juara Ketiga pada Kategori Short Feature berjudul “Wajah Nusantara“ mengangkat mengenai kesenian wayang. Tim mahasiswa STMM merupakan Mahasiswa Program Studi Manajemen Produksi Berita STMM, terdiri dari Berlian Irene Bernike Sianturi, Muhammad Alfazri, Devanny Pradana P., Faizal Hafidz Seftyatama, dan Akmal Septia Adipasa. (DPR/TJ-07/24)