Prodi Manaprodsi STMM Latih Karang Taruna Bansari Produksi Video Dokumenter


Program Studi Manajemen Produksi Siaran STMM Kominfo berkolaborasi dengan Pemerintah Desa Bansari Kabupaten Temanggung berkolaborasi dalam pelaksanaan program pengabdian pada masyarakat. Kelompok sasaran pada PKM ini adalah Karang Taruna Handayani Desa Bansari Temanggung melalui pelaksanaan pelatihan produksi video dokumenter. 

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Karang Taruna Handayani dalam mengembangkan kreatifitas serta mempromosikan potensi lokal melalui media audio visual. Kegiatan ini menarik bagi anak muda anggota karang taruna dikarenakan sesuai dengan tren konten kreator yang berkembang dan digemari. 

Desa Bansari dikenal dengan potensi alam dan kehidupan masyarakat yang beragam. Melalui karya video dokumenter diharapkan akan lebih dikenal secara luas. 

Pelatihan ini dilaksanakan selama 4 hari dari 4 hingga 7 juli 2024 dengan berbagai metode dan meiputi berbagai aspek dari teknis produksi, editing dan storytelling. 

Joehananto selaku koordinator Program PKM menyatakan bahwa melalui pelatihan ini pemuda dan pemudi Desa Bansari akan mendapatkan peningkatan pengetahuan , skill dan lebih aktif dalam mempromosikan potensi lokal. 


Pj Bupati Temanggung Drs Hary Agung Prabowo MM mengapresiasi dan merasa bangga atas terlaksananya kegiatan ini. " Kami sangat berterima kasih atas pelatihan yang diberikan STMM, tidak hanya pelatihan namun ini adalah kesempatan untuk lebih mempromosikan potensi Desa Bansari" Ungkapnya. 

Video yang berhasil diproduksi pada PKM ini diharapkan dapat menjadi alat promosi yang efektif. Selain ada produk kongkritnya, program PKM juga meningkatkan keterlibatan dan kesadaran masyarakat akan potensi yanv dimilikinya. 

Penulis: Joehananto dkk
Editor: Tim Humas STMM