Edukasi Budaya Melalui Film Pendek, Prodi MIK STMM Gelar PKM Kolaboratif Bareng Komunitas Sokate



PPPM STMM mendorong pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang berkelanjutan dan kolaboratif. Kali ini Prodi Manajemen Komunikasi Informasi (MIK) kelompok 1 yang diketuai Rahmat Rian Hidayat melaksanakan PKM berkolaborasi dengan Komunitas Sokate Picture, Askara Nalini Film dan Genpi 

Kolaborasi kreatif ini muncul akibat keresahan tentang minimnya film yang edukatif khususnya yang mengangkat budaya lokal. Film menjadi bagian dari budaya populer yang menjadi rujukan bagi anak muda khususnya milenials dan Gen Z dalam mencari informasi. Bahkan film menjadi referensi perilaku dalam masyarakat.

Program PKM kali ini dilaksanakan selama 3 hari pada masa produksi film dengan judul MAK PET. PKM dilaksanakan di Tempel Sleman Yogyakarta pada 20 - 22 Juli 2024. Sokate Picture adalah kelompok kreatif anak muda di Dusun Soka Tegal Merdikorejo Tempel Sleman binaan Askara Nalini Film dan Genpi. STMM hadir sebagai kolaborator dan memberikan pelatihan tentang strategi framing dan pemilihan angle cerita Film dengan bagaimana mengemas pesan edukasi melalui film. Peserta PKM terlibat dalam produksi baik sebagai crew maupun evaluator. 

Film ini menjadi representasi perilaku masyarakat lokal terkait hubungan dalam masyarakat antara generasi muda dan generasi tua yang memiliki perbedaan persepsi terkait budaya nongkrong. Film MAK PET menggambarkan realitas dan mengedukasi bahwa tidak selamanya penilaian berdasar persepsi individu selalu benar, dan mengajak kita untuk saling menghormati tanpa prejudice. 





Film yang terdiri dari 11 scene ini direncanakan memiliki durasi 20 menit. Strategi humor menjadi pendekatan agar lebih mudah diterima. Penggunaan bahasa lokal  yaitu bahasa jawa diharapkan mampu mengangkat budaya jawa serta memberi gambaran yang alami terkait kondisi masyarakat dimana film ini dibuat. 

PKM berkelanjutan dan kolaboratif menjadi model dalam pelaksanaan program ini. Dengan melakukan kolaborasi bersama komunitas, STMM merasa lebih dapat meningkatkan efektifitas dampak dan juga resource yang dimiliki masing masing untuk dioptimalkan  dan menghasilkan karya yang bermanfaat. 

Yusuf Kurniawan, ketua Sokate Picture merasa senang atas kolaborasi yang terlaksana, kehadiran STMM menjadi bentuk apresiasi serta kepedulian kampus terhadap gerakan masyarakat khususnya komunitas kreatif. " Kami sangat senang STMM berkenan turun kolaborasi, sehingga kami merada terdamping" Ungkap Yusuf Kurniawan. 

Film ini akan tayang pada 17 Agustus diacara Nobar bersama warga dan akan menjadi sajian pada Event Gala Dinner Comunity Gathering Oktober nanti di Jakarta bersama Askara Nalini dan Genpi. 

Penulis: Rahmat Rian Hidayat 
Editor: Tim Humas STMM