Mahasiswa KKN STMM Gelar Workshop Pengembangan UMKM di Desa Pagergunung


Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta kembali menggelar kegiatan sosialisasi pengembangan UMKM di Desa Pagergunung, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Kegiatan sosialisasi berlangsung pada hari Rabu, 24 Juli 2024 di ruang pertemuan balai Desa Pagergunung. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing dan penjualan produk UMKM Desa Pagergunung melalui pemanfaatan teknologi digital. 

Kegiatan sosialisasi ini merupakan kelanjutan dari sosialisasi yang telah diadakan sebelumnya. Kegiatan ini disambut antusias oleh 30 warga yang hadir, mulai dari pelaku UMKM, ibu-ibu PKK, Karang Taruna, dan Pengurus Badan Usaha Milik Desa. 

Oceanta Panjaitan, mahasiswa KKN Manajemen Informasi Komunikasi STMM Kominfo, berbagi pengetahuan mengenai potensi desa dan produk UMKM, pengenalan platform digital, dan strategi pemasaran yang efektif di era digital.


Peserta terlihat aktif berinteraksi dengan narasumber, mengajukan pertanyaan, dan mengikuti praktik langsung penggunaan platform digital. Tidak hanya bertanya seputar materi yang disampaikan peserta juga bertanya terkait kendala yang mereka hadapi ketika menggunakan platform digital. Antusiasme ini menunjukkan tingginya minat Masyarakat Desa Pagergunung untuk mengembangkan usahanya dengan memanfaatkan teknologi digital. 

Kedepan, peserta berharap pelatihan dapat terus dilaksanakan, bahkan peserta berkeinginan belajar public speaking karena melihat kemamluan komunikasi dari mahasiswa KKN. 

STMM sebagai bagian dari Kominfo berkomitmen untuk meningkatkan literasi digital terhadap masyarakat termasuk melalui program KKN yang berlangsung setiap tahunnya. 

Penulis: Maulida Putri Khasanah (mahasiswa Prodi MIK)