Dalam rangka meningkatkan potensi Desa Ngasinan, Kelompok 9 KKN STMM Yogyakarta menyelenggarakan workshop dan pelatihan bertema “Strategi Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Potensi Desa.” Kegiatan ini dilaksanakan secara luring dengan menghadirkan Ardhina Swacita Diva, pakar Digital Marketing dari Ardata Media (SEO, Web - Digital Agency Semarang).
Ardhina menjelaskan peran penting pemasaran digital sebagai upaya mengenalkan potensi desa kepada masyarakat luas. Menurut survei Kelompok 9, Desa Ngasinan memiliki banyak potensi, di antaranya objek wisata Telaga Bleder, Spot Senja Jalan Baru Ngasinan, UMKM, peternakan, perkebunan, pengrajin, dan lain sebagainya.
Dalam hal ini, Ardhina memberikan pemahaman tentang pentingnya membangun konten yang menarik dan efektif agar memberikan dampak positif. Selain dikenal banyak orang, konten yang baik dapat meningkatkan pendapatan desa, menciptakan lapangan pekerjaan, melestarikan adat dan istiadat, serta mengembangkan fasilitas dan teknologi desa.
“Dalam membangun konten yang menarik dan efektif, diperlukan pemahaman tentang target audience, visual yang menarik, konsistensi gaya dan nada, serta teknik penulisan copywriting yang relevan, baik dari segi konten maupun caption,” jelas Ardhina di Balai Desa Ngasinan, Minggu (3/8).
Melalui workshop ini, para peserta dibekali dengan pelatihan langsung dalam membuat konten Instagram yang menarik menggunakan media Canva. Antusiasme tinggi ditunjukkan oleh perangkat desa, pemuda, komunitas seni, pengelola wisata, dan pelaku UMKM yang hadir.
Harapannya, dengan penerapan materi dan pelatihan ini, Desa Ngasinan dapat berkolaborasi untuk melanjutkan pengelolaan akun media sosial @jelajah.ngasinan yang dibuat oleh kelompok KKN STMM sebagai strategi pemasaran digital untuk meningkatkan potensi di Desa Ngasinan.
Penulis: Syehan Maulana (Mahasiswa Prodi MIK STMM)
Editor: Tim Humas STMM