Kegiatan Pengabdian Masyarakat Tim Dosen Prodi MIK STMM di Pasar Inis Purworejo



Program Studi Manajemen Informasi Komunikasi Sekolah Tinggi Multi Media pada 6 Oktober 2024 mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat sebagai implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan tema ‘Implementasi Pelayanan Prima Bagi Pedagang Di Pasar Inis Purworejo’. Kegiatan PKM ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan pedagang di Pasar Inis tentang bagaimana penerapan pelayanan prima kepada pelanggan dalam aktivitas transaksi jual-beli di pasar. Selain itu kegiatan PKM ini sekaligus menjadi salah satu persiapan menjelang digelarnya kegiatan Aktivasi Pasar Kreatif Festival Tumpeng Telang #6 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada 13 Oktober 2024.

Kegiatan PKM ini diikuti oleh seluruh pedagang di Pasar Inis dimana dalam pelaksanaannya setiap pedagang mendapat pendampingan mengenai penerapan pelayanan prima dari Dosen Program Studi Manajemen Informasi Komunikasi yang terdiri dari Drs. Bambang Sujarwadi, M.Pd., Dra. Widhihatmini, M.A. dan Ardian Setio Utomo, M.I.Kom. Kegiatan diawali dengan penyampaian materi secara singkat ke setiap pedagang meliputi Komunikasi Efektif dan Fokus Pada Pelanggan, Responsif Terhadap Keluhan Pelanggan, dan Inovasi Berkelanjutan yang Berorientasi Pada Pelanggan. Setelah itu pedagang mempraktekkan bagaimana penerapannya dihadapan pelanggan secara langsung dan pada akhir kegiatan dilakukan evaluasi secara bersama-sama. 



Pada sesi evaluasi pelatihan kegiatan pengabdian masyarakat, Bapak Rianto Purnomo selaku inisiator Pasar Inis mengucapkan terima kasih kepada Sekolah Tinggi Multi Media khususnya Tim PKM Dosen Program Studi Manajemen Informasi Komunikasi, karena kegiatan ini dapat dirasakan manfaatnya oleh para pedagang sebagai peserta, agar lebih memperhatikan kembali bentuk pelayanan prima ketika menawarkan barang dagangannya kepada pelanggan. Selain itu diharapkan melalui kegiatan PKM berbentuk pendampingan ini, dapat semakin meningkatkan kesadaran pentingnya menerapkan pelayanan prima di tengah persaingan pasar terutama pada masyarakat digital.

Penulis: Ardian Setio Utomo (Dosen Prodi MIK STMM)
Editor: Humas STMM