Pameran Karya Gim dan Animasi STMM di GTX dan AXPO 2025



Yogyakarta, 21 September 2025 - GameTech Exhibition (GTX) dan Animation Expo (AXPO) pada 20-21 September 2025 sukses digelar di Auditorium STMM. Acara ini merupakan agenda tahunan bagi mahasiswa Program Studi Teknologi Permainan dan Animasi untuk menampilkan karya terbaiknya yang banyak mengangkat nilai dan budaya Indonesia ke dalam bentuk gim maupun film animasi.
Pameran yang berlangsung selama dua hari ini berhasil menarik perhatian banyak pengunjung dan turut dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) Meutya Hafid. Dalam kunjungannya, Menkomdigi mencoba langsung gim hasil karya mahasiswa Prodi Teknologi Permainan STMM, menonton film animasi Ikan Mas Tur Dedari karya Anak Agung Gde Bagus Adhistya Sedana dari Prodi Animasi, menjajal fast drawing di booth mahasiswa animasi, serta menuliskan pesan dukungan bagi mahasiswa STMM. Catatan pesan dukungan yang ditulis Menkomdigi berbunyi, “Berlayarlah terus games dan animasi tanah air.”




Pada GTX 2025, pengunjung dapat mencoba beragam gim karya mahasiswa STMM seperti Gaudia Harmonia, Salty Moon, Once Upon a Kingdom, Warrior of Batavinia, Jiwa: the Damn Soul, Peace Upon Me, Mandau, NecroSpore, Antz Pocalypse, MiniTank Shooter, dan Banyan. Selain itu, turut dipamerkan pula gim pemenang kompetisi Game Jam, yaitu Fishgrafer (Juara 1), The DeepSea Miner (Juara 2), dan Cast and Card (Juara 3).
Sementara pada AXPO 2025, pengunjung disuguhkan deretan film animasi pendek karya mahasiswa dari berbagai kampus. Little Revenge, Balloon, dan Ikan Mas Tur Dedari merupakan karya mahasiswa Prodi Animasi STMM, sementara film lain seperti Replace, Seeds, Bertaruh pada Api, Cat Person, Pataka, Once Upon A Time in Majapahit, Obscured, Fumo, dan Cenderawasih merupakan karya mahasiswa dari ISI dan UMN.



Kehadiran Menkomdigi menjadi bukti nyata dukungan pemerintah terhadap pengembangan industri gim dan animasi lokal. GTX dan AXPO sendiri diharapkan dapat menjadi ajang untuk memperlihatkan potensi mahasiswa STMM dan memperkuat posisi kampus sebagai pusat pengembangan talenta kreatif digital di Indonesia.
Penulis: Tim Humas STMM