PIP-STMM Kolaborasikan Ilmu Pelayaran dan Optimalisasi Konten Digital untuk Nelayan Sadeng

Foto : STMM/Dinar-Hanna

KOLABORASI PIP-STMM : Penyampaian materi pada PkM Kolaborasi Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang dan Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) Yogyakarta di Pelabuhan Pantai Sadeng, Gunungkidul, DIY, 23-24 Maret 2022.

PIP-STMM Kolaborasikan Ilmu Pelayaran dan Optimalisasi Konten Digital untuk Nelayan Sadeng

POLITEKNIK Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang dan Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) Yogyakarta melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dengan kolaborasi ilmu pelayaran dan multimedia komunikasi kepada nelayan Pantai Sadeng. Gunungkidul, DIY. Acara yang melibatkan Pelabuhan Perikanan Pantai, Dinas Kelautan dan Perikanan DIY tersebut dilaksanakan 23-24 Maret 2022 di gedung pertemuan Pantai Sadeng.  

“Dengan kolaborasi ini saya berharap ada manfaat yang diperoleh bagi peserta terkait pemahaman pentingnya keselamatan kerja dengan perawatan permesinan kapal, serta upaya pemasaran produk tangkapan nelayan melalui program digital marketing.” kata Wakil Direktur I PIP Semarang Nasri, M.T., M.Mar.E., saat acara pembukaan, Rabu, 23 Maret 2022.

Turut hadir dalam acara pembukaan, Perwakilan Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Dislautkan DIY, Wargiatno, S.Pi., dan juga Pembantu Ketua I STMM Yogyakarta Dr. Drs. Sudono, M.Si., didampingi Pembantu Ketua III Edi Giantoro, SE., M.Si.

“Kami dari STMM berharap bisa berkontribusi dengan memberikan cara-cara membuat konten video yang bisa dioptimalkan menjadi sarana promosi bagi nelayan Pantai Sadeng. Saya kira ini salah satu upaya untuk bertransformasi di era digital,” kata Sudono.

Kedua perguruan tinggi (PT) berharap kolaborasi lintas ilmu dalam PkM bisa menjawab kebutuhan-kebutuhan baru para nelayan di era digital. Selain itu bagi PT yang berstatus di bawah kementerian lain seperti PIP dan STMM juga bisa saling bertukar pengalaman konsep serta pelaksanaan PkM masing-masing.

Pelatihan hari pertama  pelatihan membahas tema Sosialisasi Keselamatan Pelayaran, Pencemaran Lingkungan Maritim dan Peningkatan Kompetensi Perawatan Permesinan Kapal. Narasumber yang mengisi materi  dari PIP, Febria Surjaman, M.T., dengan materi “Perawatan Kapal”, dilanjutkan dari Pelabuhan Perikanan Pantai Dinas Kelautan dan Perikanan DIY Wargiatno, S.Pi tentang “Kebijakan Pelabuhan Perikanan Pantai DIY,” serta Sarina, SP, M.M. tentang “Keselamatan Pelayaran”

Sementara tim STMM dengan tema Pelatihan Digital Marketing Untuk Produk Hasil Tangkapan Nelayan. Sub materi pertama “Dasar Fotografi dan Videografi” disampaikan David Kristiadi, S.Si, M.Cs, “Produksi Konten Menggunakan Smartphone” oleh Sony Wibisono M.Sn dan “Optimasi Platform Digital” oleh Ardian Setio Utomo M.A.

Para nelayan mengikuti kegiatan ini dengan antusias. Panitia kegiatan, memberikan jaket pelampung, sebagai bentuk apresiasi terhadap nelayan yang mengikuti rangkaian kegiatan.  (Sony Way)