HTML Editor - Full Version

PROGRAM TEKNOLOGI PERMAINAN

JURUSAN ANIMASI DAN TEKNOLOGI PERMAINAN

SEKOLAH TINGGI MULTI MEDIA YOGYAKARTA

 

  1. VISI DAN MISI PROGRAM STUDI
    1. Visi :
    2. Menempatkan diri sebagai program studi yang menciptakan kelulusan kreatif dalam pemenuhan pasar industri pengembang game (game developer) dengan mengangkat kearifan lokal.

    3. Misi :
      1. Menghasilkan tenaga profesional dan aplikatif di bidang desain teknologi permainan.
      2. Mengembangkan hasil riset untuk meningkatkan pelayanan prima guna memenuhi tuntutan masyarakat di bidang desain teknologi permainan.
      3. Menciptakan sumber daya manusia di bidang desain teknologi permainan yang berperan yang berperan aktif dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan pembangunan.
      4. Membangun etika profesi di bidang desain teknologi permainan.  
  2. TUJUAN PROGRAM STUDI
    1. Tujuan Khusus :
    2. Menghasilkan lulusan berkemampuan manajerial professional dalam bidang perancangan game yang dapat diaplikasikan pada berbagai macam media untuk mencapai tujuan di bidang; pendidikan, bisnis, dan sosial.

    3. Tujuan Umum :
    4. Menghasilkan lulusan yang mampu merancang dan membuat, game yang memuat kearifan lokal dengan pemanfaatan perangkat multi media berdasarkan teamwork berbasis riset.

STRUKTUR PROGRAM KURIKULUM PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PERMAINAN

SEMESTER 1

No.

Mata Kuliah

Kode Mata Kuliah

Beban SKS

Teori

Praktik

Jml

1.

Pendidikan Agama

22PAG20.21

2

-

2

2.

Pendidikan Pancasila

22PPA20.21

2

-

2

3.

Bahasa Inggris

22BIG21.21

2

-

2

4.

Ilmu Budaya Nusantara

22IBN21.21

2

-

2

5.

Komunikasi interpersonal

22KIP21.21

2

-

2

6.

Psikologi Persepsi

22PPI21.21

2

-

2

7.

Metodologi Penelitian

22MTP21.21

2

-

2

8.

Nirmana

22NRM31.21

2

1

3

9.

Sketsa

22SKT31.21

2

1

3

10.

Creative Thinking

22CRT21.21

2

-

2

Jumlah

20

2

22

 

SEMESTER 2

No.

Mata Kuliah

Kode Mata Kuliah

Beban SKS

Teori

Praktik

Jml

1.

Sejarah Animasi game

22SAG22.21

2

-

2

2.

Edu Game

22EDG22.21

2

-

2

3.

Perancangan Game

22PRG32.21

2

1

3

4.

Desain Komunikasi Visual

22DKV.32.21

2

1

3

5.

Drawing

22DRW32.21

2

1

3

6.

Algoritma Pemrograman

22APN22.21

2

-

2

7.

Fisika Game

22FSG22.21

2

-

2

8.

Matematika Game

22MTG22.21

2

-

2

9.

Pendidikan Kewarganegaraan

22PKN20.21

2

-

2

10.

Prinsip Animasi game

22PAG.22.21

2

-

2

Jumlah

21

2

23

SEMESTER 3

No.

Mata Kuliah

Kode Mata Kuliah

Beban SKS

Teori

Praktik

Jml

1.

Bahasa Indonesia

22BAI20.21

2

-

2

2.

Logika Game

22LOG23.21

2

-

2

3.

Basis Data

22BDA23.21

2

-

2

4.

Penulisan Naskah Game

22PNG33.21

2

1

3

5.

Perancangan Karakter

22PKR33.21

2

1

3

6.

Pemrograman Game

22PGE33.21

2

1

3

7.

Komputer Grafis

22KPG33.21

2

1

3

8.

Ilustrasi Digital

22ILD33.21

2

1

3

9.

Produksi Board Game

22PBG23.21

-

2

2

Jumlah

16

7

23

 

SEMESTER 4

No.

Mata Kuliah

Kode Mata Kuliah

Beban SKS

Teori

Praktik

Jml

1.

Jaringan Komputer

22JKP24.21

2

-

2

2.

Perancangan Lingkungan Game

22PLG34.21

2

1

3

3.

Multimedia Interaktif

22MIF34.21

2

1

3

4.

Modeling 3D Hard Surface

22HSM34.21

2

1

3

5.

Animasi Game 2D

22AGD34.21

2

1

3

6.

Perancangan Sistem Game

22PSG24.21

2

-

2

7.

Music Illustration & Sound Effect

22MSE34.21

2

1

3

8.

Produksi Game 2 Dimensi

22PGD44.21

-

4

4

Jumlah

14

9

23

 

SEMESTER 5

No.

Mata Kuliah

Kode Mata Kuliah

Beban SKS

Teori

Praktik

Jml

1.

Modeling 3D Organik

22MDO35.21

2

1

3

2.

Antarmuka Game (Game Interface)

22AMG35.21

2

1

3

3.

Animasi Game 3D

22AGT35.21

2

1

3

4.

Penulisan Karya Ilmiah

22PAI25.21

2

-

2

5.

Tinjauan Game

22TJG25.21

2

-

2

6.

Web Browser Game

22WBG35.21

2

1

3

7.

Game Artificial Intelligence

22GAI25.21

2

-

2

8.

Produksi Game 3 Dimensi

22PGT45.21

-

4

4

Jumlah

14

8

22

 

SEMESTER 6

No.

Mata Kuliah

Kode Mata Kuliah

Beban SKS

Teori

Praktik

Jml

1.

Kapita Selekta Game

22KSG26.21

2

-

2

2.

Technopreneur

22TPR26.21

2

-

2

3

Perancangan Level

22PRL36.21

2

1

3

4.

Integrasi Game

22ITG36.21

2

1

3

5.

Produksi Multiplayer Game

22PMG66.21

-

6

6

Jumlah

8

8

16

 

SEMESTER 7

No.

Mata Kuliah

Kode Mata Kuliah

Beban SKS

Teori

Praktik

Jml

1.

Produksi Advergame

22PRA67.21

-

6

6

2.

Kerja Praktek

22KPK47.21

-

4

4

3.

Special Effect

22SFX37.21

2

1

3

Jumlah

2

11

13

 

SEMESTER 8

No.

Mata Kuliah

Kode Mata Kuliah

Beban SKS

Teori

Praktik

Jml

1.

Skripsi/Tugas Akhir

22SPK68.21

6

-

6

Jumlah

6

-

6

TOTAL

148

 

KETERANGAN :

Dalam rangka implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MB-KM), maka pada semester 6 dan semester 7 diberlakukan ketentuan pelaksanaan kurikulum sebagai berikut :

 

SEMESTER 6

Pada semester 6, mahasiswa Program Studi Teknologi Permainan diberikan kebebasan untuk memilih mengikuti pendidikan/perkuliahan sesuai dengan kurikulum yang sudah ditetapkan seluruhnya oleh STMM, dan atau mengikuti program “magang” yang dilaksanakan pada Industri/ Studio Game. Syarat untuk dapat mengikuti MBKM adalah dengan mencapai 100 SKS lulus, sedangkan konversi MBKM sebanyak 20 SKS sesuai pada tabel konversi MBKM.

 

SEMESTER 7

Pada semester 7, mahasiswa Program Studi Teknologi Permainan mengikuti pendidikan/perkuliahan sesuai dengan kurikulum yang sudah ditetapkan seluruhnya oleh STMM, dan mata kuliah Kerja Praktek ditawarkan pada semester ganjil dan genap

DAFTAR KONVERSI MATA KULIAH UNTUK MBKM

 

No.

Mata Kuliah

Kode Mata Kuliah

Beban SKS

Teori

Praktik

Jml

1.

Kapita Selekta Game

22KSG26.21

2

-

2

2.

Technopreneur

22TPR26.21

2

-

2

3

Perancangan Level

22PRL36.21

2

1

3

4

Integrasi Game

22ITG36.21

2

1

3

5

Produksi Multiplayer Game

22PMG66.21

-

6

6

6

Kerja Praktek

22KPK47.21

-

4

4

Jumlah

8

12

20

 

DAFTAR KONVERSI MATA KULIAH KURIKULUM PERBAIKAN

 

Kurikulum 2021

Kurikulum 2021 Perbaikan

No

Kode Mata Kuliah lama

Mata Kuliah

Seme ster

Kode Mata Kuliah baru

Mata Kuliah

Sem ester

1

22SFX36.21

Special Effect

6

22SFX37.21

Special Effect

7