Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Program Studi Teknologi Permainan “ Optimalisasi Pengelolaan Website Untuk Meningkatkan Pemasaran Digital Di Kelurahan Tegal Rejo Kecamatan Argo Mulyo Kota Salatiga Jawa Tengah ”



Program Studi Teknologi Permainan Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Yogyakarta pada Tanggal  7 sampai dengan 11 Juni 2022 menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Masyarakat “Optimalisasi Pengelolaan Website Untuk Meningkatkan Pemasaran Digital di Kelurahan Tegal Rejo, Kec. Argo Mulyo, Kota Salatiga. Kegiatan ini merupakan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.


Dalam pelaksanaan kegiatan optimalisasi website diikuti oleh 20 orang peserta yang terbagi dalam 3 (tiga) kelompok antara lain kelompok Pengelolaan Website, penulisan kreatif, kelompok desain grafis, fotografi & videografi serta kelompok pengelolaan bisnis (Google My Business) yang didampingi oleh para tenaga pengajar program studi teknologi permainan yang terdiri dari RB Hendri Kuswantoro, S.Kom. M.Kom, Sigit Winarso, S.Kom,  M.Cs, Drs. Wilhelmus Filianto, M.Sn, R.M Joko Priono, S.PT, M.Sn dan Adi Sucipto, ST, MT dan mahasiswa Bagus Kurniawan.


Latar belakang peserta terdiri dari para pelaku konten kreatif, pengusaha kecil rumahan seperti usaha makanan ringan, pelaku konten kreatif (Youtuber, Admin Facebook) dan beberapa dari anggota karang taruna yang akan  merintis usaha pengelolaan Wisata di Kelurahan Tegal Rejo. Program pendampingan PKM antara lain meliputi: (1) Mengoptimalkan keberadaan website Kelurahan / produksi konten (2) Menyusun model grafis website, fotografi, videografi Kelurahan (3) Merencanakan serta memproduksi konten /penulisan kreatif / berita untuk website Kelurahan (4) mengelola Google My Business. Berdasarkan pendampingan dalam kegiatan PKM telah dapat mengoptimalkan keberadaan website.


Pada acara penutupan  pelatihan kegiatan pengabdian masyarakat, Ponco M. Hasan selaku Kepala Kelurahan Tegal Rejo mengucapkan terima kasih kepada Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” khususnya Tim Dosen Prodi Teknologi Permainan karena kegiatan pendampingan semakin dirasakan kemanfaaatannya oleh para peserta, khususnya pelaku  konten kreatif website / platform digital, pelaku usaha / UMKM anggota karang taruna serta aparat desa juga semakin bersemangat dalam melayani masyarakat serta memproduksi konten kreatif, dan mengelola Google My Business. Melalui kegiatan Pelatihan Optimalisasi Website Kelurahan diharapkan juga semakin meningkatkan ekosistem digital yang ada di Kelurahan.( RBH Kuswantoro, R.M.Joko Priono dkk, 2022)