Wisuda 401 Mahasiswa, STMM Wujudkan SDM Siap Hadapi Disrupsi Digital



Yogyakarta -  Sekolah Tinggi Multi Media ( STMM "MMTC") Kembali menggelar wisuda pada Rabu 6 desember 2023. Wisuda periode II tahun 2023 ini meluluskan 250 mahasiswa dari 6 program studi. Prodi Manajemen Produkdi Siaran mewisuda 93 mahasiswa, Prodi Manajemen Teknik Studio Produksi 54 mahasiswa, disusul Manajemen Informasi Komunikasi 51 orang, Manajemen Produksi Berita 21 mahasiswa, Prodi Teknologi Permainan 20 Mahasiswa dan Prodi Animasi 11 mahasiswa. 

Wisudawan terbaik diraih oleh Rizky Nanda Tarigan dari Jurusan Penyiaran, Prodi Manajemen Produksi Siaran dengan masa studi 3 tahun 9 bulan dan meraik IPK 3,97 dengan predikat dengan pujian. Pada periode ini sebesar 24% wisudawan telah bekerja atau 60 dari total 250 wisudawan telah diserap oleh berbagai industri yang relevan bidang komunikasi, penyiaran, game dan animasi.

Dengan demikian wisuda periode tahun 2023, STMM berhasil meluluskan 401 wisudawan yang terbagi pada 2 periode wisuda. Pada bulan Juni lalu telah wisuda 151 wisudawan. Komitmen STMM dalam menyiapkan SDM bertalenta digital menjadi capaian yang membanggakan ditengah era disrupsi digital. Kemampuan mahasiswa dalam menghadapi perubahan telah disiapkan melalui pelaksanaan kurikulum pendidikan yang disesuaikan dengan perkembangan dan proses pembelajaran serta praktek yang disesuaikan dengan kemajuan teknologi dan tantangan dunia kerja.

Perkembangan dunia digital dan kemajuan teknologi informasi komunikasi tidak dapat dihindari, bukan hanya sebagai tantangan namun STMM melihat ini sebagai suatu peluang dan kemajuan khususnya bagi wisudawan yang telah dibekali berbagai kemampuan serta mindset yang siap menghadapi disrupsi serta segala tantangan di dunia kerja. 

STMM memiliki komitmen kuat mendukung Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dalam mewujudkan Indonesia emas pada 2045. Sesuai dengan arahan Presiden Jokowi dalam menciptakan digital nation STMM mendorong adopsi teknologi dalam pembelajaran, memperluas akses pembelajaran secara digital bagi mahasiswa, meningkatkan kesiapan mahasiswa dan meningkatkan fasilitas bagi mahasiswa. Saat ini peralatan praktikum telah menggunakan teknologi terkini dan digital sehingga menjadi bekal bagi mahasiswa dalam memasuki dunia kerja. 

STMM banyak melakukan perubahan dan akselerasi, baik dari sisi fasilitas maupun pengembangan metode pembelajaran. Kerjasama dengan industri , kerjasama antar pemerintah baik nasional maupun internasional terus digalakkan untuk meningkatkan akses bagi kepentingan pembelajaran. Saat ini untuk menunjang fasilitas, peremajaan alat selalu dilakukan, renovasi ruang kelas menuju digital, serta sedang dibangun GedungTransformasi Digital sebagai sarana yang memiliki standarisasi dan fasilitas mumpuni bagi layanan di STMM. 

STMM juga memberikan kesempatan mahasiswa dalam mengembangkan talenta di luar bidang akademik dengan menyediakan wadah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) sesuai dengan minat dan bakat yang ingin di optimalkan. Terdapat 18 UKM bidang olah raga, seni, kewirausahaan, kesejahteraan rohani yang aktif dan 4 Himpunan Mahasiswa di STMM. 

Sebagai kampus negeri dibawah koordinasi Kominfo STMM dilengkapi dengan berbagai laboratorium broadcasting dan multi media yang serba digital hingga layanan pelatihan serta sertifikasi yang diselenggarakan oleh LSP STMM dengan menawarkan berbagai skema sertifikasi bidang komunikasi dan penyiaran.