Kuliah Umum “Transformasi Digital Menuju Indonesia Emas” STMM Hadirkan Wamenkominfo Nezar Patria

 

Yogyakarta - Selasa (22/4-2024) kampus STMM menggelar kegiatan Kuliah Umum dengan tema “Transformasi Digital Menuju Indonesia Emas” yang menghadirkan Wakil Menkominfo Nezar Patria sebagai Narasumber Utama. Turut hadir dalam memberikan pencerahan dalam Kuliah umum di Auditorium kampus STMM ini, Praktisi Kebijakan Publik, Dr. Riant Nugroho, M.Si., Akademisi UGM, Pengarah Siberkreasi, Dr. Novi Kurnia, M.Si., M.A., serta akademisi STMM, Yolanda Presiana Desi, M.A. 

Ketua STMM Noor Iza dalam sambutannya menyampaikan bahwa penting bagi Sekolah Tinggi Multi Media untuk memiliki keunggulan spesifik dalam menyediakan talenta SDM (Sumber Daya Manusia) untuk mendukung transformasi digital menuju Indonesia Emas 2045. STMM menyediakan SDM technical yang spesifik dalam penguasaan teknologi digital guna mendukung perkembangan sektor perekonomian digital nasional. 
"Kuliah Umum dan Workshop pada hari ini sangat penting untuk bekal bagi mahasiswa STMM agar mampu menghadapi tantangan transformasi digital dan menambah wawasan seluruh sivitas akademik STMM agar mampu berakselarasi di era transformasi digital". 

Nezar Patria dalam paparannya menyampaikan bahwa  talenta digital sangat penting di era transformasi digital. Tren perkembangan teknologi seperti Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning (ML), komputasi awan, dan Internet of Things (IoT) mengakselerasi transformasi digital. Transformasi digital yang begitu pesat diharapkan dapat mendukung berbagai aspek kehidupan negara. Hal tersebut mengharuskan kita mengembangkan talenta-talenta digital yang cakap dan adaptif, sebagai salah satu penunjang ekonomi digital nasional. “Satu pesan penting untuk Sekolah Tingi Multi Media, yang sebentar lagi akan berubah menjadi Politeknik Digital Yogyakarta. Tidak hanya berubah nama tapi juga mindset yang lebih adaptif dan agile. Di pundak Bapak Ibu dan rekan-rekan mahasiswa sekalian, misi percepatan pengembangan SDM bidang digital nasional berada. Misi untuk mencetak generasi muda berdaya saing global menuju Visi Indonesia Emas 2045”. 

Praktisi Kebijakan Publik, Dr. Riant Nugroho menyampaikan materi dengan tema “Realitas Sosial Berbasis Digital”, dimana masyarakat sekarang tidak bisa lepas dari pemanfaatan teknologi. Bagaimana transformasi digital mempengaruhi seluruh aspek dalam kehidupan sosial masyarakat saat ini. Sementara itu, Akademisi UGM dan Pegiat Siberkreasi, Dr. Novi Kurnia menyampaikan pergerakan literasi digital menuju Indonesia Emas 2045. Panelis terakhir akademisi STMM, Yolanda Presiana Desi, M.A. menyampaikan pentingnya menyiapkan Talenta Digital untuk Indonesia Emas 2045. Bagaimana talenta digital berperan penting dalam memimpin inovasi teknologi, mendorong adopsi teknologi, dan menggagas strategi digital. 

Kuliah Umum ini diwajibkan bagi mahasiswa semeter IV STMM dan mahasiswa STMM lain yang berminat. Kegiatan ini juga memberi kesempatan masyarakat luas untuk mengikuti melalui kanal Zoom dan YouTube : mmtc.id Live streaming pukul 09.00-12.00 WIB. 
Setelah Kuliah Umum, kegiatan dilanjutkan dengan Workshop Tematik Pararel yang berlangsung pukul 13.00-14.30 WIB. Workshop ini menghadirkan para praktisi bidang digital yaitu FX. Rudy Gunawan, Dewi Ratih Kamiliah, Indriaswati Saptaningrum, dan Donny B.U. (Lila/Tanjung - 04/2024)